Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru

Oleh: Pirdaus

Alhamdulillah…Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang JABATAN FUNGSIONAL GURU DAN ANGKA KREDITNYA telah ditetapkan, yakni pada 10 November 2009 di Jakarta. Ditetapkannya peraturan menteri ini memberikan kejelasan bagi para guru yang memang sudah menantikan keluarnya peraturan menteri tentang jabatan fungsional dan angka kreditnya ini.

Pada bab V pasal 11 peraturan menteri di atas diatur unsur dan sub-unsur kegiatan guru yang dinilai angka kreditnya. Salah satu unsur kegiatan guru yang dinilai angka kreditnya adalah pengembangan keprofesian berkelanjutan. Unsur kegiatan ini terdiri atas tiga sub-unsur kegiatan, yaitu 1) pengembangan diri, 2) publikasi ilmiah, dan 3) karya inovatif. Salah satu kegiatan publikasi ilmiah yang dapat dilakukan guru adalah publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal.

Kegiatan publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan inovatif di atas secara lebih rinci diuraikan berikut ini. Kegiatan yang dimaksud dapat berupa membuat karya tulis ilmiah berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolah, membuat makalah berupa tinjauan ilmiah, tulisan ilmiah populer, atau artikel ilmiah populer dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran. Pada dasarnya, kegiatan-kegiatan itu menjadi tantangan sekaligus menjadi peluang bagi guru untuk mengembangkan keprofesiannya secara berkelanjutan. Tentu, untuk ini dibutuhkan tidak saja kemampuan teknis, namun yang lebih penting adalah kemauan yang keras. (Bagian I)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: