PENYUSUNAN LAPORAN PTK

Penyusunan laporan penelitian tindakan kelas (PTK) sesungguhnya sudah dimulai ketika seseorang mulai menyusun proposal PTK. Mengapa demikian, karena sebagian besar isi proposal PTK merupakan bagian dari laporan PTK. Bagian pendahuluan, misalnya; bagian ini akan menjadi Bab I pada Laporan PTK. Begitu dan seterusnya bagian-bagian lain proposal PTK menjadi bab-bab pada laporan PTK.

Yang paling membedakan antara proposal dan laporan PTK adalah bahwa proposal PTK masih merupakan rancangan tentang “apa yang akan dilakukan” sedangkan laporan PTK merupakan laporan tentang “apa yang sudah dilakukan”. Oleh karena itu, bagian yang paling banyak menyita isi laporan PTK adalah Bab IV tentang hasil penelitian dan pembahasan. Berikut ini sistematika laporan PTK yang dapat dijadikan rujukan bagi guru.

Sistematika Laporan PTK

BAGIAN AWAL: 1. Halaman judul 2. Halaman Pengesahan 3. Abstrak 4. Kata Pengantar 5. Daftar Isi dan Lampiran-lampiran

BAGIAN ISI:

BAB I : PENDAHULUAN

BAB II : KAJIAN TEORI dan PUSTAKA

BAB III : PROSEDUR PENELITIAN

BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN

BAGIAN PENUNJANG: Daftar Pustaka Lampiran-Lampiran

Sebagai catatan, pada prosedur penelitian (Bab III), perlu dibedakan antara usulan dan laporan; pada usulan berisi apa yang akan dilaksanakan sedangkan pada laporan berisi apa yang sudah dilaksanakan. Deskripsikan tiap siklus penelitian yang memuat rencana, pelaksanaan/tindakan, pemantauan dan evaluasi beserta jenis instrumen yang digunakan, dan cara refleksi. Tindakan yang dilakukan bersifat rasional, feasible serta collaborative.

Pada bab IV sajikan uraian masing-masing siklus dengan data lengkap, menyangkut berbagai aspek yang terjadi akibat tindakan yang dilakukan. Tunjukkan adanya perbedaan dengan pelajaran yang biasa atau sering dilakukan. Pada refleksi diakhir setiap siklus berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan dan/atau kelemahan yang terjadi. Kemukakan perubahan, kemajuan, atau perbaikan yang terjadi pada diri siswa, lingkungan kelas, guru sendiri, motivasi/minat belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Kemukakan hasil dari keseluruhan siklus ke dalam ringkasan untuk bahan dasar analisis dan pembahasan. Bahan/data tersebut ditulis dalam bentuk tabel, grafik, atau bagan sehingga akan memperjelas adanya perubahan yang terjadi disertai pembahasan secara sistematik dan jelas.

Pada bab V, sajikan simpulan hasil penelitian (potret kemajuan) sesuai dengan tujuan/masalah penelitian yang telah disampaikan sebelumnya. Berikan saran tindak lanjut berdasarkan simpulan yang diperoleh baik yang menyengkut segi positif maupun negatifnya.

Daftar pustaka memuat semua sumber pustaka yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan sistem yang telah dibakukan secara konsisten. Lampiran-lampiran berisi instrumen penelitian, data penelitian, izin penelitian, serta bukti lain yang dipandang perlu.

Laporan PTK dapat juga ditulis dalam bentuk artikel untuk dipublikasikan dalam jurnal penelitian atau media massa sejenis. Pemanfaatan situs internet untuk menyebarluaskan laporan PTK merupakan sebuah langkah yang positif, ditinjau dari banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh guru atau pihak lain untuk belajar PTK atau belajar tentang PTK yang sudah dilaksanakan itu. Semoga … (Pirdaus).

Rujukan:

Direktorat Profesi Pendidik. 2006. Pedoman Pelaksanaan Pemberian Block Grant Kegiatan Pengembangan Profesi Guru Berupa Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Profesi Pendidik, Depdiknas.

About these ads

Tag:

Satu Tanggapan to “PENYUSUNAN LAPORAN PTK”

  1. litbangpgrioi Says:

    Boleh…, bisa juga data hasil UH, tes awal, hasil observasi awal, dsb. OK!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: